3 Kepentingan Buku Online Menguntungkan

3 kepentingan buku online menguntungkan? Kenapa? Begini. Ada masa dahulu kala, sekitar tahun 2005, masa dimana banyak orang yang membuat buku online alias blog. Era yang bisa dikatakan era blogger. Namun sayang, era emas buku online hanya sekedar salam sambutan atas hadirnya era online. Karena setelah berganti tahun, jumlah para blogger menurun. Tentu juga karena faktor munculnya sosial media Facebook yang menggeser fungsi blog yang sebagai komunikasi online.

Namun buku online alias blog dimata pebisnis adalah lahan investasi yang sangat berharga. Setelah menurunnya para blogger, justru blogger yang memiliki kepentingan bisnis tumbuh subur.

Bahkan muncul blog sebagai media marketing memunculkan jasa penulis artikel blog, baik artikel lokal atau non lokal. Muncul juga jasa SEO yang membantu optimalisasi blog bisnis di mata mesin pencari seperti Google. Karena sebagai pebisnis, banyak yang tidak mengutamakan mengurusi hal teknis seperti membangun blog dan SEO.

Nah, dari pemahaman di atas, maka Anda harus benar-benar memikirkan kepentingan membuat blog. Persaingan dalam dunia blogging pun sudah cukup ketat. Bila tanpa kepentingan yang bersifat “menguntungkan” maka jatuhnya sama seperti nasib para blogger di era 2005, gugur dari dunia blogging.

Bila sekedar membuat blog, sekedar curahan hati dan pikiran tanpa mempedulikan teknik marketing, maka nasibnya sama seperti dengan buku diary yang tersimpan rahasia di dalam kamar. Karena, membuat buku online tidak sekedar membuat. Perlu ada teknik marketing. Bila ada teknik marketing, tentu harus ada kepentingan yang menguntungkan agar tidak membuang sia-sia tenaga, uang dan waktu Anda.

Berikut adalah beberapa kepentingan yang perlu anda perhatikan dalam membuat buku online:

1. Buku online untuk kepentingan karir

Buku online di sini adalah buku online yang membangun “Brand”. Berguna untuk kepentingan karir. Bisa sebagai pengembangan skill atau sebagai persiapan bekerja.

Bila masih tahap belajar di sekolah, maka membangun buku online masih dalam tahap belajar untuk membangun skill kerja. Karena dengan aktifitas menulis akan menemukan cara belajar yang lebih fokus pada skill kerja yang diinginkan.

Bila sudah kuliah, maka kegiatan membangun buku online sebagai branding atas skill yang dimilikinya, di samping memang sebagai pengembangan skill tingkat lanjutan. Karena akan menjurus pada dunia kerja yang membutuhkan referensi yang bisa dipercaya atas kemampuan dirinya bekerja sesuai bidang yang diinginkannnya.

2. Buku online untuk kepentingan jasa marketing

Berbeda dengan yang diatas, buku online ini hanya sekedar untuk menarik dan melayani pebisnis dalam memasangkan iklan produknya pada buku online yang dibangun. Bisa juga dilengkapi jalur iklan Google Adsense agar hasilnya lebih menguntungkan.

Para pebisnis akan tertarik pada blog spesifik yang sesuai dengan jenis produknya. Bila blog membahas tentang seputar kecantikan, maka pebisnis yang akan tertarik memasangkan iklannya adalah pebisnis yang menjual produk kecantikan. Dan seharusnya buku online yang dibangun spesifik untuk target iklan tertentu juga.

Bila memang blog yang dibangun terlihat gado-gado, campuran berbagai tema, maka membutuhkan berbagai penulis untuk menulis. Hasilnya juga tidak akan efektif dalam hal marketing. Pebisnis akan mikir panjang untuk berani beriklan di situs buku online yang dibangun kecuali memiliki trafik yang sangat banyak per harinya (entah berapa).

3. Buku online untuk kepentingan menjual produk

Dalam buku online ini lebih kepada mencari keuntungan berupa penghasilan lewat jalur penjualan produk. Dalam hal ini, tidak harus memiliki produk sendiri. Bisa juga mengandalkan produk orang lain yang biasanya lewat jalur program affiliate.

Buku online saya sendiri menjual produk orang lain namun lewat jalur penerbitan buku dalam wadah Pondok Elbuy Publishing (PEP). Maksud produk orang lain adalah menerbitkan dan menjualkan buku orang lain dengan penghasilan yang akan dibagi dua nantinya.

Penerbitan buku PEP bukan berjenis penerbitan buku kertas melainkan ebook. Juga, bukan berjenis self publishing atau penerbitan sistem seleksi seperti Gramedia.

Anda bisa mencoba-coba buku online yang ada di penerbit PEP ini atau bekerjasama dengan penerbit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s